Perilaku Burung Yang Mengurangi Nilai Lomba

Berikut faktor-faktor umum yang dapat mengurangi penilaian burung yang sedang dilombakan :

Makan saat Bertarung
Kebiasaan makan saat bertarung akan mengurangi penilaian, karena saat burung makan maka kicauan burung akan terhenti. Kebiasaan makan bagi burung yang sedang dilomba biasanya disebabkan karena emosi dari burung yang telah pada puncaknya. Atau burung merasa telah lelah sehingga makan dan minum.

Salto
Kebiasaan salto saat lomba berlangsung dapat mengurangi penilaian, selain kurang sedap dilihat, kicauan burung juga dapat terhenti saat burung melakukan salto. Jika salto kerapkali dilakukan maka burung akan mendapat penilaian yang kurang baik. Penyebab burung salto di tenggarai adalah over birahi.

Burung terlalu mendongak
Khusus Tledekan ataupun Anis kembang, burung yang mendongak (nyeklek) memang disukai. Namun kebiasaan burung yang terlalu over mendongak akan mengakibatkan burung akan terjatuh ke belakang. Prilaku burung seperti ini dalam lomba akan mengurangi penilaian. Biasanya burung berprilaku seperti ini dikarenakan salah dalam perawatan penempatan tangkringan.

Ngejeruji
Ngejeruji adalah sikap dimana burung menempel di sangkar burung (biasanya dilakukan oleh burung jenis finch dan lain). Ini dapat diakibatkan burung terlalu emosi atau over birahi. Kelakuan seperti ini kurang baik, karena akan mengganggu peserta kicauan lain dan suara burung yang ngejeruji akan cepat gembos karena telah menguras tenaganya untuk power suara yang dikeluarkan dan gerakan gerakan yang menguras tenaga.

Over Aktif
Burung over aktif adalah burung yang senantiasa selalu terbang dalam sangkar. prilaku ini dapat menyebabkan burung lain akan terganggu dan burung itu sendiri akan cepat kehilangan tenaga. Biasanya burung yang sedemikian adalah karena kurang dapat mengontrol emosi.

Burung berkicau di dasar Kandang
Burung yang berkicau di dasar sangkar dapat mengurangi penilaian. Karena juri tidak dapat menilai burung secara maksimal dan prilaku tersebut kurang indah jika dilihat. Prilaku ini dapat disebabkan karena kesalahan dalam mengasuh burung kicauan kita. Burung ini di tenggarai terlalu manja atau istilah lain adalah burung ketrekan.

Ngebalon
Istilah Ngebalon biasanya berlaku untuk burung jenis kacer. Ngebalon adalah prilaku burung yang telah kalah mental (ngedrop) dan memekarkan bulu di tubuhnya. Biasanya burung yang telah ngebalon tidak akan bersuara lantang lagi.

Mletik
Burung terbang sesaat lalu diam… dikarenakan kaget atau mental yang jatuh karena suara lawan yang keras.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s